Kapolda Jambi Minta Masyarakat dan Perusahaan Antitipasi Karhutla
Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi (Istimewa)

JAMBI - Masyarakat dan perusahaan diminta bersama-sama mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi. Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, upaya pencegahan karhutla lebih baik dibandingkan terjadinya upaya penegakan hukum.

“Kita berharap penegakan hukum itu tidak akan berjalan. Bukan berarti tidak mau. Lebih baik tidak ada api. Tapi kita sudah siapkan pasukan penegak hukum (Gakkum) jika terjadi karhutla,” kata Firman usai apel siaga dan latihan karhutla di PT Wira Karya Sakti (WKS), Distrik VII, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Senin (06/07).

Untuk mendukung upaya pencegahan Karhutla, Polda bersama tim satgas karhutla Provinsi Jambi bakal mengajak masyarakat untuk selalu menjaga wilayah masing-masing.

“Selain mengajak masyarakat memberdayakan wilayah masing-masing, kita juga bakal mengajak patroli bersama ada yang jalan darat dan juga jalur udara menggunakan helikopter” sebutnya.

“Bahkan kita sudah memasang kamera CCTV, ya doakan saja semoga cepat terpasang semua sehingga mata kita tidak ada ngantuk, tidak ada capek karena dua puluh empat jam akan terus selalu berjalan, nah terakhir baru kita siapkan tim Gakkum kita, tapi doa saya jangan sampai tim itu turun,” tegasnya.

Menurutnya, di Jambi terdapat masih 3 Kabupaten yang rawan Karhutla. “Sejauh ini terpantau di wilayah Muarojambi, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur,” pungkasnya.