Ditetapkan Tersangka, Komika Fico Fachriza Menangis

JAKARTA - Artis komedian Fico Fachriza (FF) tersangka akibat penyalahgunaan narkotika jenis tembakau sintetis. Saat dihadirkan dalam konferensi pers di depan wartawan, Fico yang menggunakan baju tahanan tampak menangis menyesali perbuatannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Fico ditangkap berawal dari laporan yang masuk ke pihak kepolisian.

"Penyidik telah tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka, ada barang bukti diamankan dan hasil tes urine," kata Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (14/1/2022).

Saat dilakukan penggeledahan, kata Zulpan, pihaknya menemukan barang bukti tembakau sintetis dalam kotak rokok.

"Barang bukti seberat 1,45 gram tembakau sintetis," ujarnya.

Zulpan menjelaskan, Fico mengkonsumsi tembakau sintetis karena mengalami sulit tidur.

"Pengakuan tersangka FF, tembakau sintetis itu di dapat melalui media sosial. Fico mengaku mengonsumsi tembakau sintetis dengan alasan susah tidur," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander menambahkan, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap penjual tembakau sintetis di media sosial.

"Berawal dari laporan masyarakat terkait maraknya peredaran tembakau sintetis di media sosial, kami akan mengejar pemasoknya," ujarnya.

Sebelumnya, Komika stand up comedy itu ditangkap di kediamannya di daerah Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat pada Kamis (13/1) kemarin.

Saat ini penyidik Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan yang melibatkan artis komika Fico Fachriza.

Akibat perbuatannya, Fico terancam Pasal 112 ayat 1 , Pasal 127 ayat 1 UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidananya di atas lima tahun penjara.