Ditegur Erick Thohir, Pertamina Gratiskan Pelayanan Toilet di SPBU
Meneg BUMN Erick Thohir Saat Sidak Toilet SPBU Di Probolinggo Jawa Timur (Foto:Istimewa)

JAKARTA – Viralnya Video Menteri BUMN Erick Thohir dalam akun instagramnya, ketika sidak di SPBU Pertamina yang terletak di Kecamatan Malasan, Probolinggo. Dalam postingan di feednya tersebut telah disukai sebanyak 146 ribu orang dan di komentari sebanyak 19 ribuan warga net saat berita ini diturunkan Rabu (24/11).

Dalam unggahan tersebut, Erick Thohir terlihat mengeluhkan adanya tarif bagi siapa saja yang akan menggunakan toilet di SPBU itu.

Persoalannya Toilet adalah fasilitas umum dan tidak semestinya dipungut tarif. Terlebih pengelola SPBU juga sudah mendapat keuntungan dari jualan BBM yang ada.

terlihat dalam video itu Erick Thohir  selaku Meneg BUMN, langsung menegur Direksi Pertamina untuk memperbaiki semua pelayanan yang ada di seluruh SPBU di Indonesia, termasuk soal pungutan tarif toilet ini.

Menanggapi hal tersebut PT Pertamina (Persero) langsung menindaklanjuti arahan Menteri BUMN Erick Thohir, terkait layanan gratis toilet di seluruh SPBU, baik milik Pertamina ataupun yang bekerjasama dengan swasta.

melalui Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting meminta kepada seluruh pemilik Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) untuk menggratiskan layanan toilet. Sebagai tindak lanjut arahan Menteri Negara BUMN, Erick Thohir yang menginginkan biaya toilet di SPBU gratis.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan  dan kenyamanannya.," ungkapnya kepada Monologis.id pada Selasa (23/11) Melalui aplikasi pesan Whatsapp.

Irto menerangkan, toilet sendiri merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Sehingga, ketersediaan toilet tidak hanya gratis namun juga menekankan aspek kebersihan.Selain itu Irto Ginting menyampaikan terima kasihnya atas masukan dan arahan kepada Pertamina agar menjadi lebih baik dalam hal pelayanan kepada masyarakat sebagai konsumen pertamina

“Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri (Erick Thohir) dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik” Pungkasnya