5 Pasien COVID-19 Sembuh, SBB Masuk Zona Orange
Henry Mandaku (Foto: M Fitrah Suneth/monologis.id)

SERAM BAGIAN BARAT - Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, saat ini memiliki dua kasus pasien positif COVID-19 yang mana dua pasien merupakan pelaku perjalanan yang saat ini jalani perawatan di rumah sakit.

Dua pasien tersebut berinisial HA, dan NL. Untuk HA sendiri saat ini sedang jalani perawatan di RSKD Maluku, sedangkan NL diruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Piru, Seram Bagian Barat.

Demikian disampaikan jubir GTPP COVID-19 Seram Bagian Barat, Henry Mandaku kepada monologis.id di ruang kerjanya, Kamis (17/09).

Dikatakannya, awalnya SBB masuk zona merah dengan pasien terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 7 pasien dan 5 pasien sudah dinyatakan sembuh sehingga kini hanya ada 2 pasien terkonfirmasi COVID-19, dan SBB sudah masuk zona orange penyebaran COVID-19.

"Dan SBB sendiri belum ada transmisi lokal penyebaran COVID-19. Pemda terus berkomiten menekan angka pasien COVID-19, dan perketat jalur pintu masuk Kabupaten Seram Bagian Barat," ujar Mandaku.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dengan tidak berkerumun. Dan berharap dukungan masyarakat dan bersama pemda SBB perangi penyebaran COVID-19 agar SBB aman dan bebas dari virus korona (COVID-19).

"Intinya tingkatkan penerapan protap kesehatan, pencarian kasus, pengetesan, dan penanganan akan berhasil menahan laju bila ada partisipasi masyarakat dalam disiplin dan pengawasan, SBB masuk zona orange ada pada kita semua baik pemda maupun masyarakat SBB sendiri," tutup Mandaku.