Jumat, 20 Januari 2023

17:14

Kadis Kesehatan Mesuji Resmikan Masjid dan Gedung CSSD RSUD Ragab Begawe Caram

Sample image

Penulis

AHMAD FAUZI

Kadis Kesehatan Mesuji Resmikan Masjid dan Gedung CSSD RSUD Ragab Begawe Caram

Foto: Ahmad Fauzi/monologis.id

MESUJI – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Mesuji, Lampung, Yanuar Fitrian meresmikan Masjid Ibnu Sina dan Gedung Central Sterile Supply Departemen (CSSD) Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram (RSUD RBC), Jumat (20/1/2023).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita.             

Yanuar berharap dengan diresmikannya Masjid Ibnu Sina yang ada di komplek RSUD ini dapat dimakmurkan, dijaga, dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara untuk Gedung CSSD, Yanuar sangat kagum dengan canggihnya alat-alat yang ada di ruangan CSSD RSUD Mesuji. Dia berpesan agar alat tersebut dirawat dengan baik, karena harganya sangat mahal.

“Saya berpesan kepada masyarakat Mesuji yang ingin berobat cukup di RSUD RBC Mesuji saja, karna alat-alat kita juga cukup lumayan canggih. Kalau bukan kita terus siapa lagi yang akan membesarkan RSUD Mesuji ini," ujar Yanuar.

Sementara, Direktur RSUD RBC Mesuji Dr Hotmaida Verawaty menjelaskan, Central Sterile Supply Departement (CSSD) yaitu suatu Instalasi di rumah sakit yang menjadi koordinator dari suatu sistem kerja supply dan alat alat steril dengan fasilitas untuk menerima, mendesinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur.

Dengan CSSD independent yang terpisah, dapat menghemat pengeluaran pembelian alat sterilisasi dengan memusatan alat-alat di satu departemen, Hal ini juga memastikan bahwa proses steril akan diawasi oleh staff khusus dan berjalan sesuai dengan standar prosedur operasi (SOP).

“Untuk pegawai yang berjaga di ruangan CSSD berjumlah 5 orang. Mereka sebelumnya sudah kita kirim ke RS Fatmawati Jakarta untuk mendapatkan pelatihan mengelola alat-alat CSSD ini. Setelah operasional akan kita lihat apa saja kekurangan-kekurangan yang ada, dan akan kita terus maksimalkan,” kata Hotmaida.

Usai peresmian, dilakukan penyerahan sertifikat arah kiblat oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mesuji kepada Direktur RSUD RBC.

x
Monologis ID