Kaesang 'HEBAT' dan Sirkulasi Sahamnya
CEO Sang Pisang Kaesang Pangarep bersama dengan Presdir HEBAT Anthony P. Gan (kanan), CEO Yang Ayam Bayu (kedua dari kiri), CEO Ternakopi Ansari Kadir (kiri) meresmikan kantor Harapan Bangsa Kita (HEB
Pandangan seorang Erijely praktisi bisnis dalam melihat situasi bisnis Kaesang Anak Presiden Jokowi dalam seluk beluk alur saham
 
Oleh : Erijely *)
 
Dalam pasar modal, biasa dilakukan pembelian saham emiten untuk tujuan strategis. Pembelian saham tidak langsung melalui bursa. Tetapi melalui saham pengendali. Memang dng adanya pembelian saham pengendali harga saham di bursa bisa turun dan bisa juga naik. Tergantung persepsi pasar. Bagi investor retail yang bukan fundamental style cenderung pragmatis, Melepas saham. Karena penambahan saham akan mengurangi likuiditas. Sehingga harga saham jatuh.
Tetapi bagi investor fundamental style, mereka cenderung menahan dan bahkan meningkatkan kepemilikan sahamnya. Apa dasar pertimbangan investor fundamental ? kalau terjadi pembelian saham pendiri oleh mitra starategis itu akan berdampak dalam jangka panjang meningkatkan laba perusahaan dan sekaligus mengamkan pertumbuhan bisnis dan terciptanya ekosistem. Paham ya.
***
Mari kita lihat contoh yang terjadi pada perusahaan Kaesang. Emiten pengolahan udang PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) dengan Volume produksi mencapai 20.000 Ton pada 8 pabriknya. Dengan omzet diatas Rp. 2 triiun. Markap di bursa diatas Rp 1 triliun lebih. Mengapa perusahaan sebesar ini mau saja melakukan kerjasama strategis dengan G Hebat? karena platform G Hebat sudah terbukti berhasil mengakselerasi pasar domestik bagi anggotanya.
Sebenarnya G- Hebat bisa saja cukup kerjasama dengan PMPP, seperti yang mereka lakukan kepada Astra, Sinar Mas, Wing. Tetapi G-Hebat meihat peluang lain. Apa itu? G-hebat tahu bahwa bisnis perikanan untuk pasar domestik itu sangat besar peluangnya. Untuk mengamankan peluang itu, wajar saja bila kesediaan PMMP untuk kerjsama itu disikapi dengan pembelian 8% saham PMMP. Artinya? G-Hebat ingin meningkatkan nilai tambah Platform dan komunitasnya untuk kepentingan bisnisnya. Wajar dong.
Darimana G-Hebat dapatkan uang membeli saham pendiri itu? Itu bukan dari kantong Kaesang. Itu dana berasal dari skema Ventura. Skema dana ventura ini diperiksa akad dan sumber dananya oleh OJK. Maklum dia membeli saham pendiri, bukan saham yang ada di market. Untuk memastikan pendanaan itu memang bertujuan strategis bukan untuk pom pom saham.
Nanti saya yakin dua tahun kemudian apabila peningkatan pejualan produk PMMP terbukti lewat platfom G-Hebat, maka saham PMMP akan naik di bursa. Maka saat itulah investor ventura akan dapat capital gain. Darimana G-hebat dapat uang membayar dana ventura itu? bisa keluarkan obligasi atau hutang bank. Kalau tidak terjadi kenaikan, ya G-Hebat tidak rugi apapun. Opsi beli dia lepas saja. Saham diserahkan kepada modal ventura. Toh dia masih dapat fee dari setiap pejualan PMMP lewat platform nya.
Saya liat, G-Hebat dalam hal meningkatkan value dari platformnya memang hebat.Walau baru berdiri tahun 2019 namun pendukung dan mitranya sudah lama berdiri dan eksis di market. Dan lagi bisnisnya sangat mulia, yaitu berbagi uang dan peluang. Dan itu bukan dilakukan lewat retorika tetapi program nyata.
Saya dukung Mas Kaesang. Kalau diributkan soal asal uang ventura itu, banyak investor untuk gantikan posisi PT. SM. Semua tahu kok bisnis anda bagus dan mulia. Singkatnya. Jangan lemah oleh tekanan dan omongan orang. Selagi benar dan niat baik, jalan aja terus, abaikan orang luar yang stress karena bokek.
 
 
*) Praktisi Bisnis dan Blogger Aktif