Catatan di Hari Kehutanan.
Foto: Istimewa

Oleh: Ahmad Muslimin*

PESAN Syeikh Abdul Qodir Al Jailani:

Satu suap kau masukan dalam perut orang yang lapar lebih baik dari membangun seribu masjid Jami. Dan lebih baik dari memberi kiswah ka'abah dengan kain sutra. Dan lebih baik dari orang yang qiamulail dan rukuk. Dan lebih baik dari berjihad melawan kekafiran dengan pedang terhunus. Dan lebih baik dari pada berpuasa sepanjang tahun waktu panas.

Jika tepung itu masuk ke dalam perut orang yang lapar, maka ia mempunyai cahaya yang terang benderang. Sungguh beruntung bagi orang yang memberi makan kepada orang lapar.

Pesan Bung Karno:

Datangi gubuk-gubuk orang miskin karna TUHAN bersemayam di dalamnya.

Dan terima kasih saya ucapkan untuk; pak Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta jajarannya wabil khusus para Menko, Pak Panglima ABRI, Pak Kapolri, Pak Menteri Pertahanan RI, Pak Menteri Pertanian RI, Pak Menteri BUMN RI, Pak Menteri Agama RI, Pak Menteri Dalam Negri RI, Pak Menteri Bappenas dan KA.PPN RI, Pak Menteri Koperasi dan UMKM, Pak Menteri Riset dan teknologi dan KA.BRIN RI, Pak Menteri ATR/BPN RI Ibu Menteri Keuangan RI, Ibu Menteri Luar Negri, Ibu Menteri Sosial RI, Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta seluruh jajarannya di tiap tingkatan.

Terima kasih juga kepada para seluruh kepala daerah di NKRI beserta jajarannya wabil khusus para OPD dan stakeholdernya, juga terima kasih kepada Ibu Ketua DPR dan jajarannya wabil khusus Ketua Komisi IV DPR RI dan Unsur Pimpinan DPRD serta Jajaran DPRD di tiap daerah. Karna step by step telah membuat perubahan sehingga kita semua hidup di negara maju.

Terima kasih ini khususnya karna telah membuat regulasi tentang sosial, pertahanan, keamanan, pertanian dan penanganan pangan dan energi yang berkelanjutan dengan membentuk dan membuat:

1.Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani(GSGP) Bersama PERUM BULOG dan Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras(PERPADI) yang di kuatkan dengan surat menteri pertanian RI No:28/TP.100/M/03/2021 untuk serap gabah petani saat panen raya agar harga gabah/beras petani tidak anjlok.

2.Komando Strategis Penggilingan Padi(KONSTRALING) membeli Gabah Kering Petani(GKP) dan Gabah Kering Giling(GKG) di tingkatan petani dan kemudian GKP maupun GKG yang di beli di jual ke PERUM BULOG. Selanjutnya KONSTRALING menjadi Mini BULOG di tiap daerah. pembetukan KONSTRALING Berdasarkan PERMENTAN RI No:9/2020.

3.Tim Kelompok Kerja Penanganan Kedelai 2020 - 2024.

4.Komando Cadangan Strategis pangan.

5.BUMN Holding Pangan.

6.Dana Desa yang menghadirkan pembangunan ekonomi di desa-desa seluruh NKRI dengan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) lembaga keuangan dan Aneka usaha serta Bada Usaha Milik Desa(BUMDES) dan Badan Usaha Milik Desa Milik Bersama(BUMDESMA).

7.Dana Perkotaan untuk tiap kelurahan di NKRI yang kedepannya dapat menghadirkan Badan Usaha Milik Kelurahan(BUMKEL) dan Badan Usaha Milik Kelurahan Bersama(BUMKELMA).

8.Desa tangguh dan kelurahan tangguh s/d Lingkungan dan/atau RT tangguh.

9.Program Perhutanan Sosial, Program Tanah Objek Reforma Agraria, Program Keluarga Harapan, BPUM, akses modal kerja untuk koperasi, KUR, dan masih banyak lagi program-progam pemerintah pusat dan daerah yang di gulirkan untuk menerbitkan keadilan dan kemakmuran nusabangsa Indonesia maju nan prima yang gemah rimpah loh jinawi.

Kemudian Pak Gubernur provinsi Lampung juga punya visi misi Lampung berjaya untuk menopang indonesian maju yang patut di perjuangan bersama.

Bahkan Bapak Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona Kaligis, ST.,M.Tr.I.P memiliki Program Beras Sedekah (BERKAH) dan Badan Usaha Jejama Berkembang (BUJANG) yang memberikan modal tambahan untuk BUMDes yang memiliki unit-unit usaha yang aktif sebesar Rp200jt s/d Rp500jt untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian desa berbasis potensi dan untuk penguatan ekonomi daerah.

BUJANG mengantikan program GADIS (Gerakan Desa Ikut Sejahtera) yang memberikan modal tambahan untuk BUMDES aktif sebesar Rp100jt.  Bapak Bupati pesawaran juga telah membagikan tanah negara dalam kawasan hutan di daerah kerjanya setelah Menteri KLK RI menerbitkan perizinannya.

Dirgahayu hari kehutanan.

 

*Sekretaris DPD SNNU Kabupaten Pesawaran.