Antusiasme Politisi Milenial Bursel Semakin Menggelitik

Oleh: Guntur Souwakil*

ISTILAH milenial dan anak muda menjadi kata terpopuler pada pileg 2019 lalu. Bagaimana tidak presentasi anak muda yang mendominasi pileg 2019 membuat kelompok umur ini menjadi komoditas politik yang paling menjadi target kalim para politisi pada tahun lalu

Semangat anak muda yang berapi api ini harus terus di kobarkan jangan sampai redup setelah usai perhelatan,

Sebab para insan politik sudah seharusnya menyadari bahwa angkatan muda milenial yang jumlahnya mendominasi perhalatan panggung politik ini cukup dibilang fantastis serta memiliki potensi yang besar tentunya bisa menjadi sahabat rakyat dalam konsep penyatuan presepsi di segala bidang.

Generasi muda milenial Buru Selatan Maluku telah mencetus prestasi yang luar biasa, mereka adalah angakatan muda yang terdidik dan paling banyak mengenyam pendidikan tinggi di bandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tak hanya itu antusiasme politik anak muda yang terlihat dari partisipasi pileg 2019 di Kabupaten Buru Selatan dan berbagai sikap kolektif menyikapi kebijakan politik pasca pilkada Bursel patut di ancungi jempol dan ini sebuah keberhasilan anak muda.

Dimana keberhasilan anak muda mampu mendobrak mitos tentang generasi muda yang di anggap paling apatis terhadap politik, antusiasme milenial justru paling menggelitik.

Dengan antusias anak muka yang milenial menurut saya, ini sebuah potensi yang luar biasa dan menjadi jawaban bagi partai politik untuk menghadapi tantangan politik yang kian dinamis serta kebutuhan elektoral yang rasional.

Sebab yang terjadi pada pileg sebelumnya banyak parpol papan atas yg berusaha memelihara status quo dan tetap memilih politisi - politisi senior agar mengawaki organisasi partai justru bersifat fatal yang berakhir pada capaian kursi yang tidak evektif.

Bahkan hal tersebut menjadikan partai - partai tersebut keok di berbagai daerah yang lebih khususnya di Buru Selatan, dan ini fakta yang menarik dan bisa menjadi acuan partai dalam memilih politik - politik senior yang bersaing membawa partainya memang disetiap pilkada yang berlangsung nanti.

Setelah saya mencermati pergerakan politik yang begitu dinamis saya optimis akan menjadikan BM-PAN kedePAN sebagai rumah milenial pemuda potensial yang bersama sama dalam barisan mewujudkan pendidikan politik yang  aktif, populis dan bukan apatis atau elitis.

Apalagi dalam waktu dekat BM-PAN juga akan mengadakan kongres, dalam momentum itu saya turut melibatkan pemuda potensial milenial Bursel supaya memiliki pengalaman dan persiapn yang lebih matang serta menjadikan pilihan politik sebagai jalan pengabdianya.

 

*Ketua BM - PAN Buru Selatan.Maluku