Senin, 28 November 2022

14:33

Dosen IIB Darmajaya Beri Materi Pelatihan Quizizz

Sample image

Penulis

DEDI ROHMAN

Dosen IIB Darmajaya Beri Materi Pelatihan Quizizz

Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG — Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. M. Said Hasibuan memberikan materi pelatihan program Government Transformation Academy (GTA) atau Quizizz, di Gedung Pascasarjana kampus tersebut.

Said Hasibuan menjelaskan, Quizizz merupakan salah satu platform online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran ataupun asesmen pembelajaran. Quizizz dapat memberikan data dan statistik hasil kinerja siswa secara langsung.

“Quizizz juga dapat dikerjakan saat pembelajaran berlangsung atau bersama-sama,” kata Dr Said yang juga Direktur Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) IIB Darmajaya, Senin (28/11/2022).

Dia juga menjelaskan Quizizz dapat dijadikan PR sehingga dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja oleh siswa. “Asalkan tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan,” kata dia.

Pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Pemda Kabupaten (Pemkab) Pesawaran dan IIB Darmajaya dan diikuti 243 aparatur dari Pemkab Pesawaran, dari Senin (21/11/222) hingga Jumat (25/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Said menjelaskan kelebihan dari Quizizz memiliki fitur untuk presentasi pembelajaran dan asesmen. Kemudian, memiliki banyak template siap pakai, memiliki analisis hasil asesmen siswa, dan dapat digunakan oleh pendidik dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi.

“Selain itu, pengaturan waktu pada Quizizz yang fleksibel dan aplikasi ini semakin menarik karena dapat menambahkan gambar ataupun meme lucu pada setiap pertanyaan serta dapat meningkatkan kualitas belajar dan pengajaran,” kata dia.

Hari sebelumnya, Dr. Said juga menjelaskan kepada aparatur Pemkab Pesawaran tentang asesmen itu sendiri. Menurut dia, tujuan asesmen tidak hanya menyangkut penyediaan informasi tentang hasil belajar dalam bentuk nilai, akan tetapi hal yang terpenting adalah adanya proses yang telah terjadi selama pembelajaran itu berlangsung.

“Pengertian asesmen pembelajaran ini merupakan suatu proses penilaian dalam mendukung pembelajaran siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” kata alumnus Program Doktor Universitas Gadjah Mada itu. Selain Dr. Said, dua dosen IIB Darmajaya lainnya juga menjadi pengajar dalam pelatihan GTA tersebut Keduanya adalah Dr Sutedi dan Melda Agarina.

Dr. Sutedi yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya memberikan materi pembelajaran Fasilitator Pembelajar Digital (FPD) Kelas C. Sementara, Melda Agarina yang juga dosen Sistem Informasi IIB Darmajaya memberikan pelajaran yang sama di kelas A. 

x
Monologis ID