Selasa, 29 November 2022

21:26

Jajaka Nusantara Galang Dana Bantu Korban Gempa Cianjur

Sample image

Penulis

DIAN SURAHMAN

Jajaka Nusantara Galang Dana Bantu Korban Gempa Cianjur

Foto: Dian Surahman/monologis.id

BEKASI – Organisasi masyarakat (ormas) Jajaka Nusantara melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat

Penggalangan bantuan kemanusiaan itu dilakukan di beberapa titik wilayah Kedungjaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, sejak Minggu (27/11/2022) lalu.

Ketua Jajaka Nusantara Danu Ubaidillah mengatakan, gempabumi Cianjur merupakan bencana kemanusiaan yang harus menjadi perhatian semua pihak.

"ini bencana yang harus diperhatikan semua pihak. Oleh karena itu, dengan semangat solidaritas persaudaraan, kami Jajaka Nusantara Kedungjaya melakukan aksi penggalangan dana agar bisa membantu meringankan beban korban" terang Danu, Selasa (29/11/2022).

Danu mengatakan, penggalangan dana ini dilakukan sampai satu minggu kedepan.

“Bantuan yang sudah terkumpul dengan izin Allah SWT akan kita serahkan secepatnya setelah kita rundingkan lebih lanjut bersama dewan pengurus. Keinginan kita sih bisa berangkat bersama-sama tim untuk menyerahkan bantuan tersebut,” tutup Danu.

Seperti diketahui, gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022). Kejadian itu menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dan ribuan warga terpaksa tinggal di pengungsian.

Gempa juga menyebabkan kerusakan infrastruktur dan permukiman dalam skala luas.

Hingga hari ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia menjadi 327 orang.

Selanjutnya untuk korban luka berat yang masih dirawat di RS wilayah Cianjur tersisa 68 orang, artinya 40 pasien luka berat yang sebelumnya masih dirawat saat ini sudah pulang dan melakukan rawat jalan.

BNPB bersama KemenPPPA dan UNFPA terus melanjutkan validasi jumlah titik pengungsian per hari ini pukul 15.00 WIB menjadi 39.985. Total pengungsi berjumlah 108.720 dengan rincian pengungsi laki-laki 52,987 dan pengungsi perempuan 55,733 jiwa. 

x
Monologis ID