Kisah Broken Home Li Zi Qi, Youtuber Kaya Raya Sajikan Pedesaan
Youtuber Li Zi Qi bersama Neneknya Dalam Sebuah Tayangan (Foto:dbs)

 

JAKARTA, Pernahkah Mendengar tentang Li Zi Qi, Ia adalah seorng wanita muda berusia 29 thn, hidup di sebuah tempt terpencil di provinsi Sichuan Tiongkok. Sekarang ia adalah seorng aktris Youtuber dan weibo terkaya di Tiongkok dengan pendapatan sekitar 168 million yuan (US$24 million) setahun.

 

Selain di Weibo, videonya pun diunggah ke akun YouTube nya, Akun Weibo nya memiliki lebih dari 16 juta pengikut. Youtuber ini pun memiliki lebih dari 11,1 juta orang menjadi pelanggan. Berbagai video yang diunggah menyedot jutaan penonton.

Siapa sangka, gadis miskin yang memiliki histori penuh sepak terjang, bisa menjadi seorang millioner, Ia lahir dari keluarga broken home, orang tuanya bercerai dan ayahnya menikah lagi. Ia tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya. Ibu tirinya memperlakukannya dengan buruk, sehingga ia memilih untuk tinggal bersama kakek dan neneknya hingga ia dewasa. 

Kakek dan neneknya adalah orang yang sangat miskin, hidupnya apa adanya. Hingga ia tamat sekolah, ia tidak melanjutkan kuliah karena tidak ada biaya. Menjadi pelayan bahkan DJ di klub malam pun pernah ia lakukan. Sejak menderita penyakit, ia memutuskan untuk tinggal kembali bersama neneknya di desa. 

Li Ziqi pun memikirkan cara untuk mendapatkan uang. Akhirnya, ia mencoba untuk membuat video yang pada awalnya untuk mempromosikan bisnisnya Ia bisa memasak ratusan jenis masakan China dan Western yang terlihat seperti masakan restoran bintang 5. Lalu ia juga pandai membuat furniture sendiri dari kayu dan bambu, serta membuat selimut dari memanen ulat sutera  lalu membuat make up sendiri dari bahan alamiah, dikerjakan semuanya dari nol.

Li Ziqi banyak menampilkan pemandangan indah desanya. Deretan pengunungan dengan kabutnya, hutan dengan keindahan pohon berbunga, pekarangan penuh mawar dan sayur-mayur, serta peternakan kecil di rumahnya. Youtuber ini seakan mengajak penonton ke negeri dongeng di zaman Dinasti Han.

Selain itu, karya busananya juga masuk ke dalam sorotan top world fashion designer. Walaupun ia kaya raya. Namun ia lebih memilih kebahagiaannya dalam menikmati hidup dekat alam serta jauh dari hingar bingar serta ricuhnya hidup di perkotaan yang penuh dengan kompetisi dan politik.

Hidup mewah atau sederhana itu pilihan. Termasuk jiwa orang yang kaya sesungguhnya, berasal dari ketekunan, keheningan, kreatifitas dan hati yang baik untuk visi hidup yang baik.