Senin, 14 November 2022

12:48

5 Cara Membuat Podcast untuk Pemula Namun Tetap Profesional

Sample image

Penulis

DEDI ROHMAN

5 Cara Membuat Podcast untuk Pemula Namun Tetap Profesional

Foto:Ilustrasi podcast oleh George Milton

Monologis.id-Podcast merupakan produk inovasi dari perkembangan teknologi di dunia yang sudah serba digital ini. Siaran berbentuk file audio yang direkam oleh seorang host atau orang yang melakukan proses rekaman siaran dengan topik pembahasan tertentu sesuai dengan keahlian atau kegemarannya. Proses atau langkah pembuatan podcast sendiri tidak banyak, tetapi bagi pemula, tahapan ini mungkin perlu dijelaskan dan dipraktikkan secara berkala dan konsisten agar bisa sampai ke tahapan mahir. Meskipun begitu, pemula juga tetap bisa memproduksi podcast yang profesional dengan cara yang tepat.

Cara Membuat Podcast Profesional untuk Pemula

Anda yang tertarik di bidang siaran, tetapi belum punya media untuk menyalurkannya? Anda bisa membuat podcast untuk menyalurkan dan mengasah bakat penyiaran Anda dengan memperhatikan cara membuat podcast untuk pemula berikut ini!

1.       Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Tentu, langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum membuat sebuah podcast adalah mempersiapkan seluruh peralatan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan proses produksi podcast.  Jika Anda masih merupakan seorang pemula, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa peralatan sederhana alih-alih perlengkapan yang kompleks layaknya seorang profesional. Alat alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai pemula dalam membuat podcast, antara lain microphone serta komputer.

2.       Menentukan topik dan Menyusun Skrip

Selain peralatan untuk membuat podcast, Anda juga memerlukan skrip yang disusun berdasarkan topik dari podcast yang akan Anda buat. Hal ini cukup krusial, terutama bagi seorang pemula sebelum benar-benar memulai sesi perekaman podcast.

Topik yang bisa Anda pilih sendiri bisa disesuaikan dengan preferensi dan bidang keahlian atau kegemaran Anda, bisa juga mengenai opini atau fakta yang Anda ingin sampaikan ke publik soal isu yang sedang menjadi trending topic dan menjadi perbincangan publik.

Setelah memutuskan topiknya, Anda tinggal menyusun skrip dengan struktur yang paling efektif atau paling mudah Anda pahami sehingga Anda bisa mengingat seluruh poin yang harus dibicarakan sepanjang podcast.

3.       Memulai Sesi Perekaman

Setelah skrip selesai disusun, Anda tinggal melakukan proses perekaman berdasarkan skrip atau bisa juga diimprovisasi di tengah prosesnya. Improvisasi ini penting mengingat biasanya skrip yang dibuat dalam bentuk bahasa tulisan akan terasa canggung dan kaku saat disampaikan dalam bahasa lisan. Selain mengembangkan kemampuan improvisasi naskah podcast, Anda juga harus memperhatikan lingkungan tempat Anda melakukan sesi perekaman. Anda harus memastikan bahwa audio yang Anda hasilkan tidak akan menangkap noise atau gangguan suara dari sekitar Anda karena hal ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan dan kepuasan pendengar.

4.       Sesi Pengeditan

Tahapan penyuntingan atau pengeditan hasil audio yang telah berhasil direkam juga merupakan tahapan yang pantang untuk dilewatkan karena hal ini bisa membuat kualitas audio Anda lebih rapi untuk didengarkan. Dengan bantuan software atau aplikasi edit suara yang telah disebutkan di poin sebelumnya, Anda bisa melakukan banyak proses editing, meliputi cutting alias memotong bagian-bagian yang tidak penting atau insert background music untuk membuat suasana podcast menjadi makin menyenangkan dan membuat pendengar tidak mudah merasa bosan.

5.       Memilih dan Mengunggah File Audio di Platform Podcast Pilihan

Terakhir, Anda bisa menyelesaikan proses pembuatan podcast dengan cara mengunggah file hasil rekaman suara ke podcast platform apa pun yang sesuai dengan preferensi Anda. Podcast platform atau podcast hosting adalah tempat di mana Anda bisa menyimpan, mengunggah, serta mendistribusikan hasil rekaman podcast yang Anda miliki.

Ada banyak sekali tempat atau podcast platform/hosting untuk mendistribusikan rekaman podcast yang Anda miliki, salah satunya dan yang terbilang paling banyak digunakan adalah Spotify. Namun, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Anchor agar dapat membuat podcast di Spotify.  Sebagai salah satu peralatan yang terbilang basic baik bagi pemula maupun profesional di bidang pembuatan podcast, keberadaan dan jenis microphone yang akan Anda gunakan harus selalu menjadi perhatian. Anda bisa menggunakan microphone yang tersemat pada smartphone Anda atau bisa juga menggunakan microphone berkualitas seperti produk yang dikeluarkan oleh brand Saramonic.

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan berkunjung ke gerai elektronik konvensional terdekat di kota Anda. Anda juga bisa mendapatkannya di authorized online dealer yang telah bekerja sama dengan marketplace terpercaya di Indonesia, seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang orisinal dan dengan rentang harga yang bersaing dibandingkan dengan gerai konvensional. Anda juga bisa mendapatkan penawaran seperti banyaknya promo potongan harga, kupon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman super cepat yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda. 

x
Monologis ID