Kategori

Regional     Pendidikan     Bandar Lampung     Kampus    

Sabtu, 06 Agustus 2022, 01:18 WIB

Unila Siap Go Internasional

DEDI ROHMAN Penulis
Dedi Rohman
Unila Siap Go Internasional

Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG – Di usia nya yang menginjak 57 tahun, Universitas Lampung (Unila) dengan cepat bertransformasi menjadi perguruan tinggi papan atas dan siap menuju internasionalisasi.

Rektor Unila Prof Dr Karomani mengibaratkan Unila sebagai seorang balita ajaib.

Di usianya yang masih terbilang muda yakni, Unila siap go internasional,” kata Karomani saat membuka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 Unila, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari segudang prestasi gemilang seperti peringkat 9 se-Indonesia pada pemeringkatan Kemendikbudristek, peringkat 10 se-Indonesia pada pemeringkatan global Webometrics, beberapa rekor MURI, Ketua Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa, pembangunan RSPTN dan Masjid Al Wasii, perluasan jangkauan TV Unila, hingga terobosan Unila menjadi PTNBH.

Bahkan prestasi yang diraih dua tahun belakangan, di bawah kepemimpinan Rektor Karomani, telah berhasil mewujudkan misi Unila menjadi perguruan tinggi sepuluh terbaik di Indonesia, tiga tahun lebih awal dari yang ditargetkan.

“Jadi sivitas akademika Unila harus bangga sekarang, harus bisa menegakkan kepala di tengah barisan universitas-universitas papan atas lainnya, khususnya yang ada di Pulau Jawa,” kata Karomani.

Di hadapan sivitas akademika yang hadir pada acara tersebut, Prof. Karomani mengaku bangga atas prestasi Unila yang luar biasa.

Ia berharap, momentum Dies Unila ke-57 bisa menjadi momen yang menginspirasi pemimpin lainnya dan rektor periode selanjutnya untuk berkontribusi nyata dan meninggalkan warisan yang dapat dikenang keluarga besar Unila.

“Jika cinta Unila buktikan dengan karya nyata dan warisan apa yang bisa dikenang, tidak sekadar kata-kata,” ujarnya.

Tema Bersinergi dan Berinovasi demi Negeri untuk Mencapai Prestasi Tinggi Menuju Internasionalisasi yang diusung tahun ini menurut Ketua Pelaksana Prof Dr Dyah Wulan Sumekar RW, sangat selaras dengan prestasi yang dicapai Unila beberapa tahun belakangan.

Tak hanya itu, tema tersebut dinilai sangat sesuai dengan upaya-upaya kerja sama luar negeri yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan Universitas Lampung.

Rangkaian acara Dies Natalis akan mencakup sepuluh seminar internasional, delapan seminar nasional, lima kuliah tamu, pameran produk penelitian dan pengabdian, expo perpustakaan, launching titik baca, dua kegiatan pengabdian masyarakat, lomba-lomba tingkat SMA, mahasiswa Unila antarfakultas, darma wanita, dan temu alumni akbar.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Kedokteran ini mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari berbagai pihak, khususnya panitia yang telah memberi dukungan dalam menyelenggarakan Dies Natalis ke-57 Unila.

 

 

Berita Lainnya

Bandar Sabu Tulangbawang Bertumbangan
Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

PWI Lampung Ingin 'Kawinkan' Emas Futsal Porwanas

BANDARLAMPUNG – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, Wirahadikusumah, berharap cabang olahraga (cabor) futsal

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

Nurul Arifin: MPO Ujung Tombak Kemenangan Golkar

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DPP Partai Golkar Nurul Arifin secara

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:49 WIB

Wabup Lampung Timur Imbau Orangtua Berikan Hak Anak

LAMPUNG TIMUR - Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengajak semua pihak untuk mendukung program pemerintah dalam melindungi

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:47 WIB

Menang di MA, 22 Petani Waykanan Tagih Janji Polda Lampung

BANDARLAMPUNG – Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak permohonan Kasasi Sahlan dkk terkait perkara sengketa tanah milik