Kategori

Nusantara     Ekonomi     Bisnis     Banten    

Kamis, 04 Agustus 2022, 20:27 WIB

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP

ANDRE NANDA SAPUTRA Penulis
Andre Nanda Saputra
Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP

Foto: Istimewa

SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten guna meningkatkan perolehan pajak Mineral Bukan Logam dan Bebatuan (MBLB) di Kabupaten Serang, Banten.

Kerjasama tersebut diperkuat dengan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Serang dengan  KSOP Kelas 1 Banten  di Pendopo Bupati Serang, Kamis (4/8/2022).

Tatu mengatakan, selama ini pajak MBLB dilakukan secara self assesment. Artinya, para wajib pajak melaporkan sendiri kegiatan usahanya kepada Pemkab Serang. “Kegiatan ini juga momentum untuk menyosialisasikan kepada pelaku usaha terhadap kewajiban perpajakan,” katanya.

Karena itu, pihaknya tidak bisa memantau langsung aktivitas pengiriman melalui pelabuhan. "Maka kita menggandeng KSOP itu untuk memastikan jumlah pengirimannya sesuai atau tidak dengan pajak yang disampaikan," katanya.

Dikatakan Tatu, potensi perolehan pajak MBLB di Kabupaten Serang cukup besar. Terutama, di Kecamatan Bojonegara dan Kecamatan Puloampel. “Kami berharap Kerjasama ini berjalan maksimal sebagai upaya pengawasan bersama terhadap pengelolaan kekayaan di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Kepala KSOP Kelas 1 Banten Kapten Barlet Silalahi mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya Pemkab Serang untuk meningkatkan pendapatan di sektor pajak MBLB.

Ia mengatakan, selama ini pengiriman mineral di Kabupaten Serang cukup tinggi. Karena itu, perlu dilakukan pemantauan secara bersama-sama. "Kita akan awasi pajak yang dikeluarkan oleh mereka sesuai tidak dengan pengirimannya," pungkasnya.

 

 

Berita Lainnya

Presiden Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Malang
Minggu, 02 Oktober 2022, 13:07 WIB

30 Narapidana Wisuda Bersama 1248 Mahasiswa UNIS

TANGERANG - 30 orang Narapidana Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang resmi menjadi Sarjana. Berbaur dengan 1248 Mahasiswa Universitas

Sabtu, 01 Oktober 2022, 18:25 WIB

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila"

SERANG -  Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun

Sabtu, 01 Oktober 2022, 18:22 WIB

FGD Kekayaan Intelektual: Kakanwil Sebut Kemungkinan Hadirnya Satgas Pemantauan dan Pengawasan KI di Provinsi Banten

SERANG - Penegakan hukum merupakan salah satu hal penting dalam aspek hukum Kekayaan Intelektual. Suatu Kekayaan Intelektual tidak

Jumat, 30 September 2022, 23:16 WIB

Tak Berizin Proyek PT Tescco Terus Berjalan, Ada Apa dengan DPMPTSP Kabupaten Bekasi?

BEKASI - Aktivitas proyek tiang pancang penahan tanggul PT Tescco di Desa Muarabakti, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat hingga