Kategori

Regional     Hukum dan Kriminal     Lampung Tengah     Kriminal    

Senin, 05 September 2022, 20:22 WIB

Polisi di Lampung Tengah Tewas Ditembak Polisi, Ini Motifnya

DENI FERNANDO Penulis
Deni Fernando
Polisi di Lampung Tengah Tewas Ditembak Polisi, Ini Motifnya

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad saat menggelar konferensi pers di Mapolres Lampung Tengah. Foto: Istimewa

LAMPUNG TENGAH- Seorang oknum anggota Polisi yang bertugas Ka SPKT Polsek Waypengubuan, Lampung Tengah, tega menghabisi temannya sendiri.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menyebut, motif pelaku diduga karena dendam terhadap korban karena korban selalu membuka aib atau keburukan tersangka.

“Korban bernama Aipda Ahmad Karnain (41) yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Putra Lempuyang, Polsek Waypengubuan,” ungkap Pandra Arsyad saat melakukan konferensi pers di Mapolres Lampung Tengah, Senin (5/9/2022).

Menurut pandra, korban mempunyai istri bernama Etty Meyrini dan dua orang anak perempuan yang berumur 14 tahun dan 10 tahun, “Diketahui korban tinggal di Lk V RT 02 Kelurahan Bandarjaya Barat, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah,” ujarnya.

Pandra menjelaskan, kejadiannya pada Minggu (4/9/2022) sekira pukul 21.15 wib, terjadi penembakan anggota polri di kediaman Aipda AK.

“Saksi Mahmuda saat kejadian sedang menjahit baju di rumahnya mendengar suara letusan di rumah AK. Lalu saksi mendengar suara anak minta tolong dari rumah AK. Saksi lalu keluar rumah dan melihat ada sepeda motor yang tidak saksi ketahui jenisnya dan berapa orang yang mengendarai ke arah jalan ke arah barat,” ungkap Pandra.

Keterangan serupa juga disampaikan saksi Wayan Sueden. Saksi lalu menghampiri rumah korban dan melihat korban sudah pada posisi duduk dilantai bersandar di kursi.

“Lalu bersama istri korban membawa korban ke Rumah Sakit Harapan Bunda. Namun sesampainya di rumah sakit korban sudah tidak dapat tertolong,” kata Pandra.

Mendapati laporan kejadian tersebut, Tim Gabungan Tekab 308 Polres Lampung Tengah bersama Tim Resmob Polda Lampung, bergerak cepat ke TKP.

“Dari hasil penyelidikan didapatkan identitas terduga pelaku yaitu berinisial RS berpangkat Aipda. RS diketahui menjabat KA SPKT yang juga berdinas di Polsek Waypengubuan,” sebut Pandra.

Selanjutnya kata Pandra, berdasarkan hasil lidik dilapangan bahwasanya korban mempunyai hubungan yang tidak baik dengan pelaku RS di lingkungan kerjanya.

“Ketika dilaksanakan upaya paksa dan pelaku RS dihadapkan dengan fakta-fakta yang ada, pelaku tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya dan tersangka di bawa ke Mapolres Lampung Tengah untuk proses selanjutnya,” kata Pandra.

Dari hasil penangkapan tersebut, Tim Tekab 308 menyita sejumlah barang bukti yaitu 1 puncuk senjata api jenis revolver, 1 unit sepeda motor dinas bhabinkamtibmas merk kawasaki KLX , baju yg di gunakan pelaku saat melakukan penembakan terhadap korban , 1 buah helm warna hitam dan 1 buah jaket warna hitam.

“Motif sementara yang kami dapatkan dari keterangan tersangka, hingga tega melakukan penembakan terhadap korban, diduga karena pelaku dendam terhadap korban, karena korban selalu membuka aib tersangka kepada kawan-kawannya dan terdapat kabar di grup whatsapp bahwa istri dari pelaku belum membayar uang arisan online. Motif pastinya nanti kita tunggu hasil pendalaman dari penyidik,” jelas Pandra.

Atas perbuatan pelaku diancam dengan pasal 338 dengan pidana penjara paling lama 15 tahun. Selain itu, di internal kepolisian pelaku akan di kenakan sanksi etik, pasal 13 ayat 1 pp no 01 tahun 2003 jo oasal 5 ayat 1 huruf b perpol no.07 tahun 2022, pasal 13 ayat 1 pp nomor 01 tahun 2003 jo pasal 8 huruf c perpol nomor 07 tahun 2022 serta pasal 13 ayat 1 perpol nomor 01 tahun 2003 jo pasal 13 huruf m perpol nomor 07 tahun 2022, dengan Sanksi Pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH).

 

 

Berita Lainnya

Ike Edwin Lepas Gowes Bareng Membangun Negeri
Minggu, 02 Oktober 2022, 19:46 WIB

Edarkan Sabu, Warga Panjang Ditangkap di Tulangbawang

TULANGBAWANG – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tulangbawang menangkap seorang pria terduga pengedar sabu berinisial

Minggu, 02 Oktober 2022, 13:09 WIB

13 Calon Panwascam di Pesisir Barat Disinyalir Anggota Parpol

PESISIR BARAT – 13 pelamar bakal calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Pesisir Barat, Lampung, terdaftar

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:51 WIB

IIB Darmajaya Beri Pelatihan Aplikasi SiMonik ke UMKM Pesawaran

BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:50 WIB

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lampung Selatan Berlangsung Khidmat

LAMPUNG SELATAN – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di lapangan Korpri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung