Kategori

Regional     Mesuji     Advetorial    

Kamis, 15 September 2022, 22:11 WIB

Pj Bupati Mesuji Jawab Pandangan Umum Fraksi Nasdem

AHMAD FAUZI Penulis
Ahmad Fauzi
Pj Bupati Mesuji Jawab Pandangan Umum Fraksi Nasdem

Pj Bupati Mesuji Sulpakar. Foto: Istimewa

MESUJI – Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar menyampaikan jawaban atas pandangan umum Fraksi Nasdem terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 dalam rapat paripurna di DPRD setempat, Senin (12/9/2022).

“Dari beberapa pandangan umum Fraksi DPRD Kabupaten Mesuji, dapat kami maknai sebagai saran yang membangun, pertanyaan yang memerlukan jawaban, himbauan serta pernyataan yang positif atas penyusunan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022,” ujar Sulpakar.

Mengenai pandangan umum dari Fraksi Nasdem, Sulpakar mengapresiasi atas pandangan umum dan pencermatan anggaran pendapatan yang disampaikan Fraksi Nasdem.

“Terkait dengan dengan pernurunan pada komponen pendapatan yaitu hasil retribusi daerah. Hal ini terjadi dikarena asumsi pendapatan hasil retribusi disesuaikan dengan potensi retribusi yang ada di Kabupaten Mesuji,” kata Sulpakar.

Selain itu, penyesuaian retribusi parkir dan pasar telah melalui proses penelaahan atas trend realisasi selama tiga tahun terakhir, sehingga diperlukan penyesuaian agar tidak terjadi loss target dalam pendapatan.

“Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui perangkat daerah terkait terus melaksanakan monitoring, evaluasi dan pengawasan terhadap sumber-sumber retribusi daerah agar tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata dia.

Selanjutnya mengenai petugas parkir resmi merupakan tenaga harian lepas yang dikoordinir oleh perangkat daerah teknis, dalam hal ini adalah dinas perhubungan, petugas resmi memiliki surat perintah kerja dan atribut.

“Kami sependapat dengan pandangan umum Fraksi Nasdem. Di mana pembangunan infrastruktur menjadi hal yang penting dalam rangka meningkatkan pembangunan dan perekonomian Kabupaten Mesuji. Pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, Dinas PUPR menyusun dokumen perencanan jembatan untuk menghubungkan Desa Muara Tenang Timur ke Desa Talang Gunung. Jembatan diperkirakan sepanjang 7 Meter dan Lebar 4 Meter,” ungkap Sulpakar.

Kemudian, terkait dengan pembangunan infrastruktur di Desa Talangbatu, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui perangkat daerah teknis terkait, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jembatan tebing tahap 1 yaitu pembangunan abudement jembatan dan akan dilanjutkan dengan pembangunan segmen jalan yang menghubungkan jalan raya dengan jembatan.

“Pemerintah Kabupaten Mesuji akan melanjutkan pembangunan jembatan tebing secara bertahap, hal ini sesuai dengan target Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam rangka penanganan konektifitas antar wilayah antara lain konektifitas antar Ibu Kota Kecamata, dan koneksifitas pusat kegiatan wilayah dengan wilayah pinggiran dan terisolir,” kata dia.

Sulpakar juga mengucapkan terim akasih atas saran dari Fraksi Nasdem.

“Kami memiliki semangat yang sama dengan Fraksi Nasdem terkait dengan pelaksanaan ajang MTQ tingkat Provinsi Lampung. Dalam Pelaksanaan kegiatan MTQ, Pemerintah Kabupaten Mesuji akan memaksimalkan sumber daya manusia dengan mengikutsertakan putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Mesuji dalam kegiatan MTQ. Sebagai Tuan Rumah kegiatan MTQ, Kita akan mempersiapkan kegiatan tersebut dengan sangat teliti dan hati-hati agar kegiatan MTQ tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sukses sesuai dengan harapan kita bersama,” ujarnya.

Terkait dengan penganggaran program pengelolaan Taman Kehati memang terlihat besar, hal tersebut dikarenakan untuk belanja wajib seperti operasional rutin dan kegiatan penunjang. Pemerintah Kabupaten Mesuji telah berusaha membenahi sarana dan prasarananya yaitu dengan cara mengalokasi perencanaan pemeliharaan Taman Kehati, dengan begitu di tahun yang akan datang bisa segera dilaksanakan pekerjaan fisiknya.

Dia melanjutkan, terkait dengan belanja aset tidak berwujud, pengaggaran belanja aset tidak berwujud berpedoman pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-3708 Tahun 2020 tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan.

“Aset tidak berwujud terdiri atas goodwill , lisensi atau franchise, hak cipta, hak paten, software, dan kajian. Dalam Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, terdapat tiga perangkat daerah yang menggunakan kode rekening belanja Modal Aset Tetap Tidak Berwujud, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DInas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Dinas Komunikasi dan Informatika. Masing-masing perangkat daerah menganggarkan belanja modal aset tetap tidak berwujud untuk Pembuatan Website,” ucapnya.

Hadiri dalam paripurna tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah, Dandim 0426/Tulangbawang, Kol Inf Triano Iqbal,  Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo, Plh Kajari Azi Tya Wardhana, Ketua Pengadilan Agama Helson Dwi Utama, Kepala Kantor Kementerian Agama Karwito, Sekretaris Daerah Syamsudin, para Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Mesuji.

 

 

Berita Lainnya

Ike Edwin Lepas Gowes Bareng Membangun Negeri
Minggu, 02 Oktober 2022, 19:46 WIB

Edarkan Sabu, Warga Panjang Ditangkap di Tulangbawang

TULANGBAWANG – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tulangbawang menangkap seorang pria terduga pengedar sabu berinisial

Minggu, 02 Oktober 2022, 13:09 WIB

13 Calon Panwascam di Pesisir Barat Disinyalir Anggota Parpol

PESISIR BARAT – 13 pelamar bakal calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Pesisir Barat, Lampung, terdaftar

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:51 WIB

IIB Darmajaya Beri Pelatihan Aplikasi SiMonik ke UMKM Pesawaran

BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:50 WIB

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lampung Selatan Berlangsung Khidmat

LAMPUNG SELATAN – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di lapangan Korpri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung