Kategori

Regional     Ekonomi     Tulang Bawang Barat     Bisnis    

Rabu, 25 Mei 2022, 19:10 WIB

Petani Tulangbawang Barat Kembang Varietas Inpari Nutrizink

ROSID Penulis
Rosid
Petani Tulangbawang Barat Kembang Varietas Inpari Nutrizink

Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT - Petani di Tiyuh (Desa) Panaragan dan Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, Lampung, mengembangkan varietas Inpari Nutrizink atau yang dikenal sebagai padi kaya gizi.

"Padi kaya gizi merupakan varietas yang hasil berasnya banyak mengandung zink, sehingga dapat membantu peningkatan nilai gizi sekaligus mengurangi kekurangan gizi besi pada masyarakat. Karenanya padi kaya gizi dapat membantu mengatasi kondisi stunting pada anak," terang Kepala Dinas Pertanian Tulangbawang Barat, Samsul Komar, diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Yayit Zamhuri, Rabu (25/5/2022).

Diketahui, kekurangan zat besi pada tubuh bisa berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktivitas, dan juga menyebabkan kekerdilan atau stunting.

"Oleh karenanya Dinas Pertanian Tulangbawang Barat mendampingi petani dalam pelaksanaan budidaya padi Inpari Nutrizink, termasuk memberikan bantuan benih tersebut dan untuk penanaman sudah dilaksanakan pada sekitar bulan April yang lalu saat ini adalah masa perawatan dan masa panen," jelasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan budidaya yang dilakukan oleh petani di dua tiyuh ini bisa berhasil sehingga dapat dikembangkan ke seluruh tiyuh yang ada di Tulangbawang Barat.

“Nantinya beras yang dihasilkan dapat dikonsumsi oleh masyarakat dan tentunya akan bermanfaat dalam mendukung program pemerintah yaitu pencegahan stunting pada anak Karena Tulangbawang Barat sendiri saat ini menjadi salah satu lokus program pencegahan stunting di Provinsi Lampung," imbuhnya.

 

 

Berita Lainnya

Inkai Banten Usulkan 4 Tokoh Dianugerahi Majelis Sabuk Hitam
Senin, 27 Juni 2022, 21:40 WIB

Ponpes Darul Fattah Juara Liga Santri Piala Kasad

LAMPUNG TIMUR - Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fattah Waybungur menjuarai Liga Santri Piala Kasad yang digelar Kodim 0429 Lampung

Senin, 27 Juni 2022, 21:05 WIB

Eva Dwiana Minta PGMNI Majukan Pendidikan Bandarlampung

BANDARLAMPUNG – Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, meminta Pengurus Daerah Perkumpulan Guru Madrasah Nasional Indonesia

Senin, 27 Juni 2022, 20:57 WIB

Kurangi Beban Peternak, DPRD Lampung Minta Pemprov Ganti Rugi Hewan Terpapar PMK

BANDARLAMPUNG – Untuk mengurangi beban peternak, Pemerintah Provinsi Lampung diminta memberi ganti rugi bagi hewan yang

Senin, 27 Juni 2022, 20:25 WIB

Kadis Kesehatan Tulangbawang Barat Disinyalir Belenggu Kemerdekaan Pers

TULANGBAWANG BARAT – Kemerdekaan Pers di Tulangbawang Barat kembali dibelenggu. Dengan dalih Undang-undang Keterbukaan Informasi