Kategori

Regional     Politik     Bandar Lampung     Parlemen    

Senin, 27 Juni 2022, 20:57 WIB

Kurangi Beban Peternak, DPRD Lampung Minta Pemprov Ganti Rugi Hewan Terpapar PMK

BENNY SETIAWAN Penulis
Benny Setiawan
Kurangi Beban Peternak, DPRD Lampung Minta Pemprov Ganti Rugi Hewan Terpapar PMK

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami (Foto: Istimewa)

BANDARLAMPUNG – Untuk mengurangi beban peternak, Pemerintah Provinsi Lampung diminta memberi ganti rugi bagi hewan yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Saat ini banyak peternak yang terpuruk karena sapi yang mati dan terpapar PMK," kata Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami, Senin (27/6/2022).

Dia meminta Pemprov serius menangani PMK menjelang Iduladha 1443 H.

"Jumlah hewan ternak yang diperlukan untuk memenuhi ibadah kurban sangat besar. Ini harus dipastikan hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing sehat dan bebas PMK. Hewan ternak yang teridentifikasi PMK juga harus dipastikan tidak dikonsumsi atau dijadikan hewan kurban," tegas Lesty.

Untuk pencegahan penularan, Lesty juga meminta pemerintah melakukan penyemprotan pada kandang secara massal, agar kerugian yang ditanggung peternak bisa diminimalisir.

"Kalau persoalan penanganan PMK terkendala anggaran, kami mengusulkan agar dilakukan refocusing anggaran, karena penanganannya harus dilakukan dalam jangka pendek dan cepat," imbuhnya.

Meskipun demikian dia mengapresiasi langkah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang telah memerintahkan dinas terkait melakukan vaksinasi PMK.

"Langkah ini patut kita apresiasi dan dukung. Bantuan 37 ribu dosis vaksinasi dari pemerintah pusat untuk Provinsi Lampung juga besar," pungkas Lesty.

Sejauh ini lima kabupaten/kota di Provinsi Lampung terdampak PMK, yakni Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Kabupaten Lampung Timur, dan Kota Metro.

 

 

Berita Lainnya

Bandar Sabu Tulangbawang Bertumbangan
Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

PWI Lampung Ingin 'Kawinkan' Emas Futsal Porwanas

BANDARLAMPUNG – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, Wirahadikusumah, berharap cabang olahraga (cabor) futsal

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

Nurul Arifin: MPO Ujung Tombak Kemenangan Golkar

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DPP Partai Golkar Nurul Arifin secara

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:49 WIB

Wabup Lampung Timur Imbau Orangtua Berikan Hak Anak

LAMPUNG TIMUR - Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengajak semua pihak untuk mendukung program pemerintah dalam melindungi

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:47 WIB

Menang di MA, 22 Petani Waykanan Tagih Janji Polda Lampung

BANDARLAMPUNG – Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak permohonan Kasasi Sahlan dkk terkait perkara sengketa tanah milik