Kategori

Regional     Pendidikan     Tulang Bawang Barat     Sekolah    

Jumat, 13 Mei 2022, 14:20 WIB

Komunitas Literasi dan Sekolah Seni Tulangbawang Barat Gelar Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar

ROSID Penulis
Rosid
Komunitas Literasi dan Sekolah Seni Tulangbawang Barat Gelar Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar

Foto: Ilustrasi/istimewa

TULANGBAWANG BARAT – Komunitas Literasi dan Sekolah Seni Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung, menggelar lomba baca puisi tingkat SMP, SMA dan SMK.

Lomba tersebut akan berlangsung pada 20 Mei 2022 mendatang di Kawasan Tiyuh-tiyuh, Kota Budaya Uluan Nughik, Kelurahan Panaraganjaya,  Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung.

“Pada kegiatan tersebut kami bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tulangbawang Barat,” ungkap Direktur Sekolah Seni Tulangbawang Barat, Semi Ikra Anggara, Jumat (12/5/2022).

Semi mengatakan, lomba ini bertujuan membangun karakter anak-anak didik.

"Karya sastra seperti puisi tentunya bukan hanya persoalan menyusun kata-kata semata, tapi juga sebagai upaya terus menerus memperbaharui bahasa, menemukan kesegaran pengungkapan atas bahasa," kata dia.

Menurut nya, lewat bahasa itu pula imajinasi menjadi satu bangsa dibangun, pengakuan atas satu bahasa yang sama dalam sumpah pemuda misalnya.

Berbagai pengetahuan lokal, pola pikir dan falsafah hidup suatu masyarakat dijaga lewat cerita rakyat atau sastra lisan yang diceritakan secara temurun seperti cerita Bunian di Tulangbawang Barat atau cerita-cerita rakyat lainnya.

"Dalam karya sastra itu pula terdapat refleksi dan permenungan atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat pada masanya," jelasnya.

Sehingga, lanjut Semi, wajar bila ada pepatah klasik mengatakan bahwa untuk mengetahui sejarah dan peradaban suatu bangsa maka lihatlah karya-karya sastranya.

Nantinya, jelas dia, pelajar-pelajar di Tulangbawang Barat tidak hanya dikenalkan kepada puisi-puisi karya penyair Lampung dan Indonesia seperti Acep Zamzam Noer, Sutardji Calzoum Bahri, Afrizal Malna, Ari Pahala Hutabarat, Sapardi Joko Damono, Chairil Anwar, Isbedy Setiawan, WS. Rendra, Inggit Putria Marga, Iswadi Pratama, Subagyo Sastrowardoyo, Asrul Sani, Pranita Dewi, Esa Tegar Putra dan lain-lain. Tetapi juga diajak untuk mengolah kreativitas dan ekspresi berbahasa, sekaligus membangun kepribadian. Mencintai dan memahami sastra Indonesia berarti juga merawat Indonesia.

"Ada pun dewan juri untuk lomba baca puisi ini nanti nya, Kapolres Tulangbawang Barat, AKBP Sunhot P.Silalahi, penulis dan aktor Teater Bandar Lampung, Alexsander GB dan Penyair dan Pekerja seni pertunjukan, John Heryanto," imbuhnya.

 

 

Berita Lainnya

Ini Doa Umar Ahmad 11 Tahun Lalu yang Dikabulkan Allah
Jumat, 27 Mei 2022, 19:37 WIB

Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

BANDARLAMPUNG -  Untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat

Jumat, 27 Mei 2022, 19:33 WIB

Pemkot Bandarlampung Groundbreaking Gedung MPP

BANDARLAMPUNG – Pembangunan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Bandarlampung resmi dimulai. Ditandai dengan groundbreaking

Jumat, 27 Mei 2022, 19:32 WIB

Tjahjo Kumolo Minta Wali Kota Bawa Birokrasi Pemerintah Daerah ke Arah Digital

BANDARLAMPUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berpesan kepada kepala daerah

Jumat, 27 Mei 2022, 13:55 WIB

Begal di Tulangbawang Todongkan Senpi ke Korban, Pelaku Berhasil Dibekuk

TULANGBAWANG – Ferdi Sumarjianto (21), karyawan PT Indo Lampung Perkasa (ILP), warga Kampung Dentemakmur, Kecamatan Denteteladas,