Kategori

Nusantara     Papua Barat    

Sabtu, 06 Agustus 2022, 01:16 WIB

Intelektual Aifat Utara Bantah Dukung Salah Satu Calon Pj Bupati Maybrat

EDDWIN CHARLES FATIE Penulis
Eddwin Charles Fatie
Intelektual Aifat Utara Bantah Dukung Salah Satu Calon Pj Bupati Maybrat

Mario Yumte (Foto: Istimewa)

MAYBRAT – Surat pernyataan dukungan terhadap Oktavianus Mayor sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maybrat, Papua Barat, diduga dibuat oleh Forum Komunikasi Intelektual Muda Peduli Masyarakat Maybrat beredar di masyarakat.

Dalam surat tersebut tertera nama-nama dan KTP para pendukung. Salah satunya, tokoh intelektual muda Distrik Aifat Utara, Mario Yumte.

Namun hal itu dibantah Mario. Dia mengatakan dukungan dari dirinya atas nama tokoh intelektual Aifat Timur Jauh kepada Oktavianus Mayor sebagai Pj Bupati Maybrat adalah tidak benar. Dia mengatakan tidak pernah terlibat dengan kelompok kepentingan manapun membicarakan terkait Penjabat Bupati Maybrat, apalagi mendukung sosok tertentu.

"Saya atas nama Mario Yumte mengklarifikasi sekaligus membantah terkait penyataan sikap dukungan politik Penjabat Bupati Kabupaten Maybrat yang telah dilakukan oleh oknum profokator yang tidak bertanggung jawab. Saya secara pribadi tidak tau sedikit pun memberikan dukungan dari perwakilan distrik Aifat Timur," tegasnya, Jumat (5/8/2022).

Dia juga mengutuk perbuatan kebiadaban oknum yang telah mencatut nama baiknya bersama beberapa kawan-kawan dari Aifat Raya. Saat ini, Mario dan kawan-kawan tengah menempuh jalur hukum untuk meminta pertanggung jawaban pelaku atas perbuatannya.

"Jadi sekali lagi saya membatah dan mengutuk orang orang yang telah mengatasnamakan saya lalu menancap kan KTP-EL saya, anehnya nama dan gelar sarjana saya di tulis juga salah, saya bukan sarjana teknik, tanda tangan saya juga salah, saya akan memproses persoalan ini ke hukum dan pihak yang berwenang," katanya.

Kepada publik Maybrat, Yumte juga meminta agar tidak perlu menyikapi serius pernyataan yang tengah beredar itu.

"Masyarakat Maybrat dan Aifat Raya harus bersatu kokoh, karena di situasi seperti inilah banyak oknum-oknum yang bermain menjelang keputusan penjabat karakter hingga saling menjual diantara sesama kita," harap Yumte.

Sementara tokoh intelektual Aifat Utara lainnya, Sakarias Vinsen Turot mengimbau masyarakat Maybrat tetap bersabar menunggu keputusan terkait Pj Bupati Maybrat. Turot mengatakan penentuan Pj Bupati merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Mendagri.

Menurutnya nama-nama Pj Bupati Maybrat yang diusulkan adalah putra putra terbaik Kabupaten Maybrat. Ia pun menghimbau lembaga lembaga diluar pemerintah agar tak perlu mengintervensi kegiatan pemerintah.

"Inikan ranahnya pemerintah, sudah diatur sesuai dengan amanah undang-undang, tidak boleh ada kepentingan yang mengatasnamakan aliansi aliansi dadakan ataupun lembaga diluar pemerintah ikut mengatur, kita percayakan ini ke menteri dalam Negeri yang menentukan siapa yang terbaik, saya pikir semua yang diusul ini kan putra terbaik maybrat, saya harap kita semua sabar dan menunggu saja," kata Turot.

 

 

Berita Lainnya

Rekan Indonesia Dukung Langkah Anies Ubah Nama Rumah Sakit
Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:46 WIB

Yasonna Buka Kejuaraan Menembak Menkumham Cup Skill & Challenge 2022

DEPOK – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, membuka kejuaraan menembak Menkumham Cup Skill

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:45 WIB

Miris! Bocah SD di Banten Terpaksa Bolos Sekolah Demi Rawat Ibu yang Lumpuh

SERANG – Nurkholis (13), siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rancailat, Cikande, Kabupaten Serang, Banten, terpaksa

Sabtu, 06 Agustus 2022, 01:16 WIB

Intelektual Aifat Utara Bantah Dukung Salah Satu Calon Pj Bupati Maybrat

MAYBRAT – Surat pernyataan dukungan terhadap Oktavianus Mayor sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maybrat, Papua Barat,

Kamis, 04 Agustus 2022, 20:27 WIB

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP

SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten guna