Kategori

Regional     Pendidikan     Bandar Lampung     Kampus    

Jumat, 27 Mei 2022, 19:37 WIB

Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

DEDI ROHMAN Penulis
Dedi Rohman
Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG -  Untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat sehingga sumber daya alam di Indonesia dapat dimanfaatkan.

Direktur Pascasarjana Unila Prof Dr Ahmad Saudi Samosir menyampaikan hal itu saat membuka kuliah umum bertajuk “Status dan Perkembangan Kebijakan Lingkungan Hidup dalam Mendukung Kelestarian Perusahaan di Indonesia” yang diadakan Pascasarjana Universitas Lampung (Unila), Jumat (27/5/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting ini diinisiasi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan dan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Hutan Unila Prof Dr Christine Wulandari.

Saudi Samosir mengungkapkan, sejak Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) diterbitkan pada 2020 di Indonesia, banyak pihak memberikan kritik kepada pemerintah karena Undang-Undang tersebut dianggap tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kritikan-kritikan tersebut muncul berdasarkan adanya penyederhanaan perizinan semisal Amdal, yang diimplementasikan hanya untuk usaha berisiko tinggi. Sementara Undang-Undang tersebut belum menerbitkan kebijakan turunan yang mencakup kategori usaha berisiko rendah, menengah, atau tinggi, sehingga menimbulkan polemik di dunia usaha.

Ia berharap, muncul strategi yang dapat direkomendasikan untuk mengelola sumber daya alam lestari secara holistik, termasuk aspek kebijakannya.

Narasumber lainnya pada kuliah umum tersebut yaitu Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Hutan Unila Prof Dr Christine Wulandari dan H&M Environment Program Specialist (Chemical & Waste) Budiasti Wulansari,  Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Unila Dr Samsul Bakri dan dihadiri para peserta yang mencapai 200 orang, terdiri dari kalangan mahasiswa dan umum.

 

 

 

Berita Lainnya

Inkai Banten Usulkan 4 Tokoh Dianugerahi Majelis Sabuk Hitam
Senin, 27 Juni 2022, 21:40 WIB

Ponpes Darul Fattah Juara Liga Santri Piala Kasad

LAMPUNG TIMUR - Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fattah Waybungur menjuarai Liga Santri Piala Kasad yang digelar Kodim 0429 Lampung

Senin, 27 Juni 2022, 21:05 WIB

Eva Dwiana Minta PGMNI Majukan Pendidikan Bandarlampung

BANDARLAMPUNG – Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, meminta Pengurus Daerah Perkumpulan Guru Madrasah Nasional Indonesia

Senin, 27 Juni 2022, 20:57 WIB

Kurangi Beban Peternak, DPRD Lampung Minta Pemprov Ganti Rugi Hewan Terpapar PMK

BANDARLAMPUNG – Untuk mengurangi beban peternak, Pemerintah Provinsi Lampung diminta memberi ganti rugi bagi hewan yang

Senin, 27 Juni 2022, 20:25 WIB

Kadis Kesehatan Tulangbawang Barat Disinyalir Belenggu Kemerdekaan Pers

TULANGBAWANG BARAT – Kemerdekaan Pers di Tulangbawang Barat kembali dibelenggu. Dengan dalih Undang-undang Keterbukaan Informasi