Kategori

Regional     Lampung Selatan    

Kamis, 22 September 2022, 19:20 WIB

DKLS Ikuti Festival Kebudayaan Yogyakarta

TB MUKHLAS Penulis
Tb Mukhlas
DKLS Ikuti Festival Kebudayaan Yogyakarta

Foto: Istimewa

LAMPUNG SELATAN - Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) bertolak ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (22/9/2022), untuk mengikuti Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

Kegiatan yang diselenggarakan di Taman Kuliner, Condong Catur DIY, pada Sabtu (24/9/2022), DKLS bakal menampilkan seni dan kebudayaan adat Lampung.

Organisasi yang bergerak di bidang seni dan kebudayaan itu juga sekaligus untuk menyerap budaya daerah Yogyakarta yang dikemas dalam agenda Kaji Budaya DKLS 2022.

Ketua Harian DKLS Ponimin menyatakan, sedikitnya terdapat 30 anggota DKLS yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Ya, kita (DKLS) mendapat undangan dari panitia besar FKY. Tentu akan kita penuhi sekaligus anggota DKLS bisa melakukan kaji budaya di daerah Yogyakarta. Jadi, kalau kata pribahasa sambil menyelam minum air,” ungkap Ponimin.

Dia menjelaskan, penampilan di panggung FKY akan diisi dengan berbagai kesenian adat budaya Lampung. Mulai dari Tari Kreasi Lampung Selatan Ku, gitar tunggal, hingga lagu pop daerah Lampung Pesisir dan Pepadun.

“Kita diberi kesempatan tampil bersama dua daerah lainnya. Kebetulan di tanggal 24 September 2022 itu yang akan tampil dari Kalimantan Timur, Kabupaten Lampung Selatan dan Jembrana Bali,” terang Ponimin.

Dia menambahkan, dalam kegiatan FKY tersebut, rombongan DKLS rencananya akan dipimpin langsung Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto. “Kebetulan ibu Ketua Umum kita sedang ada agenda kegiatan di Jakarta. Jadi nanti informasinya beliau akan langsung menyusul bersama ibu Sekda Lampung Selatan, Yani Thamrin,” ujarnya.

Sebelum mengisi panggung FKY, lanjut mantan Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan ini, ada beberapa agenda yang akan dikunjungi DKLS. Diantaranya, melakukan kunjungan ke Dewan Kebudayaan Kulon Progo, DIY.

“Selain itu juga ada kunjungan ke Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), yang berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta,” pungkas Ponimin.

 

 

Berita Lainnya

Ike Edwin Lepas Gowes Bareng Membangun Negeri
Minggu, 02 Oktober 2022, 19:46 WIB

Edarkan Sabu, Warga Panjang Ditangkap di Tulangbawang

TULANGBAWANG – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tulangbawang menangkap seorang pria terduga pengedar sabu berinisial

Minggu, 02 Oktober 2022, 13:09 WIB

13 Calon Panwascam di Pesisir Barat Disinyalir Anggota Parpol

PESISIR BARAT – 13 pelamar bakal calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Pesisir Barat, Lampung, terdaftar

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:51 WIB

IIB Darmajaya Beri Pelatihan Aplikasi SiMonik ke UMKM Pesawaran

BANDARLAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:50 WIB

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lampung Selatan Berlangsung Khidmat

LAMPUNG SELATAN – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di lapangan Korpri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung