Kategori

Nusantara     Maluku    

Rabu, 07 Juli 2021, 17:59 WIB

Distan Seram Bagian Timur Sukseskan Program Sikomandan

M FITRAH SUNETH Penulis
M Fitrah Suneth
Distan Seram Bagian Timur Sukseskan Program Sikomandan

Foto: Istimewa

SERAM BAGIAN TIMUR - Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) menunjukkan hasil yang menggembirakan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku. Meski di tengah pandemi COVID-19, tidak menghalangi semangat petugas di Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten SBT untuk bekerja maksimal.

Kepala Bidang Peternakan Distanak SBT Djahidah Tianotak mengatakan, upaya peningkatan populasi sapi dan kerbau melalui program Sikomandan merupakan salah satu komitmen pemerintah mengurangi dominasi ketergantungan pasokan daging dari luar.

“Kita mulai melaksanakan program yang dicanangkan oleh Kementrian Pertanian untuk mengaselerasi percepatan target pemenuhan sapi potong dalam negeri, dan kebutuhan di Kabupaten SBT dengan metode Inseminasi Buatan (IB) yang sudah berhasil di dua Kecamatan yakni Kecamatan Bula dan Kecamatan Bula Barat,” ungkap Tianotak kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (06/07).

Sejak tahun 2017-2019 angka populasi dengan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), dan kini disempurnakan menjadi kegiatan atau program Sikomandan mulai tahun 2020, tingkat keberhasilan IB juga turut merangkak naik di Kabupaten SBT.

“Pada 2017-2019 Upsus Siwab di SBT dengan metode perkawinan IB tercatat telah mencapai angka 53 ekor anak sapi atau pedet pedet dari indukan sapi milik peternak. Sedangkan menjadi program Sikomandan pada tahun 2020 hingga juli 2021 tingkat keberhasilan IB juga terus merangkak naik menjadi 154,” kata Tianotak.

Tianotak jua menjelaskan, program Sikomandan dengan metode IB yang dilakukan oleh dinas Pertanian dan peternakan SBT menyediakan beragam benih dari straw  atau sperma unggul, jenis sapi Ongol, Limosin, Bali Super, Madura, Simental, Brahman dan Brangus yang merupakan sapi eksotik bantuan dari Kementan RI memalui dinas pertanian provinsi Maluku.

 

 

 

Berita Lainnya

Inkai Banten Usulkan 4 Tokoh Dianugerahi Majelis Sabuk Hitam
Senin, 27 Juni 2022, 20:18 WIB

Gandeng Kejari, Pemkab Bekasi Tertibkan Tanah Aset Desa

BEKASI- Pemerimtah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari)

Senin, 27 Juni 2022, 20:16 WIB

Barikade 98 Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran

SERANG - Barisan Rakyat Kawal Demokrasi (Barikade) 98 Banten bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Senin, 27 Juni 2022, 20:15 WIB

Tiga Satker Kumham Banten Raih Penghargaan dari BNN

SERANG – Tiga Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten mendapatkan

Senin, 27 Juni 2022, 15:13 WIB

Kakanwil Kemenkumham Banten Hadiri Malam Renungan Keprihatinan

SERANG – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Tejo Harwanto, menghadiri malam