Kategori

Nusantara     Maluku    

Selasa, 21 Desember 2021, 11:36 WIB

Bupati SBT Buka MTQ X di Amarsekaru

M FITRAH SUNETH Penulis
M Fitrah Suneth
Bupati SBT Buka MTQ X di Amarsekaru

Foto: Istiewa

SERAM BAGIAN BARAT - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di Negeri Amarsekaru, Kecamatan Pulau Gorom resmi dibuka Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, Abdul Mukti Keliobas.

Pelaksanaan MTQ berlangsung selama lima hari. dari pembukaan tanggal 11 - 16 November 2021. Pembukaan ditandai dengan dinyalakan tombol sirine oleh Bupati SBT.

Keliobas dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab SBT tetap berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dalam upaya membangun kehidupan keagamaan yang damai dan harmonis agar negeri dengan julukan Ita Wotu Nusa itu jauh dari konflik dan kekerasan, sehingga menjadikan Kabupaten SBT sebagai negeri yang "Baldatun Tayyibatun Warabbun Gafur"

Pelaksanaan even-even keagamaan seperti MTQ ini, mempunyai posisi strategis dan vital dalam rangka pembangunan mental spiritual masyarakat, sehingga masyarakat jangan terjebak dan terlena dalam eforia seremonial semata.

“Momentum MTQ dan kegiatan keagamaan lainnya diharapkan membawa dampak terhadap pencerahan spiritual untuk memperkuat kehidupan sosial masyarakat," ujar orang nomor satu SBT itu.

Ia berharap, melalui MTQ ke-X di Amarsekaru akan melahirkan Qori-qoriah terbaik yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Seram Bagian Timur di tingkat Provinsi dan Nasional..

Dikesempatan itu pula, Keliobas mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Pulau Gorom, terutama sekali kepada masyarakat Amarsekaru yang sangat saya cintai, yang telah bersedia menjadi tuan rumah yang baik bagi kafilah MTQ yang datang dari semua kecamatan.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya, pelaksanaan MTQ hari ini, menjadi salah satu peristiwa keagamaan yang patut dikenang oleh masyarakat Amarsekaru hingga beberapa tahun yang akan datang," tutur Keliobas dihadapan warga Amarsekaru.

Untuk diketahui, ada sebanyak 303 peserta yang ikut lomba pada ajang MTQ di Amarsekaru kecamatan Pulau Gorom, dan jika peserta ditambah dengan officialnya, maka sebanyak 546 rombongan kafilah dari 15 kecamatan se-SBT.

Dari 303 peserta, ada 7 mata lomba yang dilombakan diantaranya.

Tartil putra dan putri, tilawah anak-anak putra dan putri,tilawatil remaja putra dan putri serta tilawatil dewasa putra dan putri.

Hifzil 1 juz tilawah putra putri, Hifzil 5 juz tilawah, Hifzil 10 juz putra dan putri, Hifzil 20 juz.

Syahril putra putri, Fahmil putra putri, Khat musaf, khat nasqi, khat dekorasi, Kontemporer dan M2IQ putra putri.

 

 

Berita Lainnya

Inkai Banten Usulkan 4 Tokoh Dianugerahi Majelis Sabuk Hitam
Senin, 27 Juni 2022, 20:18 WIB

Gandeng Kejari, Pemkab Bekasi Tertibkan Tanah Aset Desa

BEKASI- Pemerimtah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari)

Senin, 27 Juni 2022, 20:16 WIB

Barikade 98 Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran

SERANG - Barisan Rakyat Kawal Demokrasi (Barikade) 98 Banten bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Senin, 27 Juni 2022, 20:15 WIB

Tiga Satker Kumham Banten Raih Penghargaan dari BNN

SERANG – Tiga Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten mendapatkan

Senin, 27 Juni 2022, 15:13 WIB

Kakanwil Kemenkumham Banten Hadiri Malam Renungan Keprihatinan

SERANG – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Tejo Harwanto, menghadiri malam