Kategori

Regional     Hukum dan Kriminal     Bandar Lampung     Kriminal    

Sabtu, 06 Agustus 2022, 01:25 WIB

BBPOM Amankan Kosmetik Ilegal Senilai Rp117,3 Juta di Lampung

REDAKSI Penulis
Redaksi
BBPOM Amankan Kosmetik Ilegal Senilai Rp117,3 Juta di Lampung

Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Aksi penertiban pasar selama dua pekan yang dilakukan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung berhasil mengamankan produk kosmetik ilegal senilai Rp117.320.900 di Lampung.

Nilai tersebut didapat berdasar perhitungan dari 582 item dengan 6.470 bagian kosmetik ilegal yang diperoleh.

Dari sejumlah temuan tersebut didapat dari 38 sarana yang diperiksa. Secara perinci, 10 sarana memenuhi ketentuan dan 28 sarana tidak memenuhi ketentuan,” kata Plt. Kepala BBPOM Bandarlampung, Zamroni, Jumat (5/8/2022)

Proses selanjutnya terhadap kosmetik ilegal tersebut adalah akan dilakukan pemusnahan.

“Pemusnahan dilakukan dalam waktu dekat ini,” ujar Zamroni, saat konferensi pers di BBPOM.

Kepada pelaku usaha, ia mengimbau agar mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjual atau mengedarkan produk, tentunya dengan memiliki izin edar.

“Dan juga tidak kadaluarsa dan menggunakan bahan yang aman,” ujar dia seraya mengajak masyarakat untuk selalu mengecek keadaan kosmetik melalui aplikasi cek klik itu.

Selain itu, selalu mengecek kemasan yaitu tidak membeli produk kosmetik dengan kemasan yang sudah rusak. Kemudian cek label yaitu label lengkap memenuhi persyaratan.

“Seperti nama nama produk, komposisi, nama produsen, alamat produsen, berat bersih, nomor izin edar dan tanggal kedaluwarsa pada kemasan primer, sekunder, atau brosur,” katanya.

 

 

Berita Lainnya

Bandar Sabu Tulangbawang Bertumbangan
Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

PWI Lampung Ingin 'Kawinkan' Emas Futsal Porwanas

BANDARLAMPUNG – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, Wirahadikusumah, berharap cabang olahraga (cabor) futsal

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:50 WIB

Nurul Arifin: MPO Ujung Tombak Kemenangan Golkar

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DPP Partai Golkar Nurul Arifin secara

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:49 WIB

Wabup Lampung Timur Imbau Orangtua Berikan Hak Anak

LAMPUNG TIMUR - Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengajak semua pihak untuk mendukung program pemerintah dalam melindungi

Sabtu, 06 Agustus 2022, 22:47 WIB

Menang di MA, 22 Petani Waykanan Tagih Janji Polda Lampung

BANDARLAMPUNG – Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak permohonan Kasasi Sahlan dkk terkait perkara sengketa tanah milik