Minggu, 02 Oktober 2022

13:09

13 Calon Panwascam di Pesisir Barat Disinyalir Anggota Parpol

Sample image

Penulis

REDAKSI

13 Calon Panwascam di Pesisir Barat Disinyalir Anggota Parpol

PESISIR BARAT – 13 pelamar bakal calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Pesisir Barat, Lampung, terdaftar sebagai anggota partai politik (parpol) pada sistem informasi partai politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota Bawaslu Pesisir Barat bidang Divisi Penanganan Pelangaran dan Penyelesaian Sengketa Abd. Kodrat S menyebutkan, 13 nama pelamar tersebut masing-masing masuk ke dalam keanggotaan 8 partai politik yakni NasDem, PKN, PAN, Golkar, Ummat, PKP, Buruh, dan PDI-Perjuangan.

"Memang untuk mendaftar menjadi panwaslu kecamatan, kami menyarankan pendaftar untuk mengecek nama mereka di Sipol dan ternyata ada temuan ini," ujarnya, melalui keterangan tertulis, Miggu (2/10/2022).

Dia mengatakan bahwa Bawaslu juga telah memanggil ke-8 partai politik tersebut guna dimintai keterangan terkait adanya nama masyarakat yang masuk ke dalam keanggotaan partai di Sipol KPU.

"Bawaslu sudah melakukan pemanggilan kepada masing masing parpol tersebut dan meminta keterangan dari masing masing peserta yang namanya masuk kedalam sipol (jumat, 30/09/22), tujuan dari pemanggilan tersebut adalah untuk benar-benar memastikan mengecek kembali apakah pelamar tersebut benar tercatut oleh parpol atau memang benar anggota partai," ungkapnya

Dari pihak yang diundang untuk dimintai keterangan ada yang berhalangan hadir, sehingga Bawaslu akan undang kembali pada Senin mendatang.

“Hasil dari permintaan keterangan tersebut akan menjadi kajian hukum, kesesuaian fakta dan bukti hasil kalrifikasi dan juga akan menjadi salah satu dasar pleno untuk menentukan status dari pelamar ini,” ungkapnya.

x
Monologis ID