Rabu, 26 Oktober 2022

20:22

PNLG Meeting Summit 2022, Desa di Banten Jadi Lokasi Percontohan Tata Kelola Kawasan Pesisir

Sample image

Penulis

ANDRE NANDA SAPUTRA

PNLG Meeting Summit 2022, Desa di Banten Jadi Lokasi Percontohan Tata Kelola Kawasan Pesisir

Foto: Istimewa

TANGERANG - Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi lokasi percontohan tata kelola wilayah kawasan pesisir.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 di di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (26/10/2022).

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan tempat  bertukar informasi mengenai tata kelola wilayah pesisir.

"Ini ada kerjasama antar 11 negara yang akan bertukar informasi, kemudian melakukan riset dan beberapa hal yang berkaitan dengan kawasan pantai dari masing-masing negara yang tadi tergabung," ungkap Al Muktabar.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga sebagai upaya menguatkan pemberdayaan dan mencarikan sebuah solusi atas dampak lingkungan untuk dapat tetap menjaga tata kelola kawasan pesisir.

"Kita harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian maka dalam tata kelola itu kita perlu mengarahkan agenda untuk go green dan pemanfaatan sumberdaya yang ada," katanya

Selain itu, Al Muktabar mengajak semua pihak menjaga lingkungan, termasuk menangani permasalahan sampah yang dapat mencemari kawasan pesisir," sambungnya.

Al Muktabar menyebut, Desa Ketapang dapat dijadikan  percontohan dalam melakukan tata kelola wilayah pesisir karena dilakukan secara prototipe dan modeling.

“Jadi kita bisa mereplikasi pola ini dengan berbagai daerah," imbuhnya.

Sementara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya  melakukan pengelolaan secara terpadu pada wilayah pesisir pantai. "Saya kira agenda ini sangat penting," katanya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menuturkan pentingnya mendorong konsep blue economy (ekonomi biru), lantaran hal itu menjadi tantangan dimasa depan. Diketahui, konsep ekonomi biru itu sendiri juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan penguatan ekosistem laut.

Ditempat yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga Wakil Presiden PNLG berharap kegiatan tersebut  dijadikan tempat bertukar informasi, pengalaman dan pembelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai.

"Ini bisa menjadi pertukaran informasi, pengalaman, dan pelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai," ujarnya.

Kegiatan yang dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar ini akan berlangsung hingga 29 Oktober 2022.

Salah satu agendanya adalah kunjungan lapangan ke Ketapang Aquaculture di Desa Ketapang.

 

x
Monologis ID